** Tersedia : Promo PAKET DP 10%, Program Cicilan KARYAWAN , DP Avanza 19 Jt-an, >> Angs Yaris 2.9 Jt-an, Avanza 2.3 Jt-an <<**

Minggu, 05 Juni 2011

Tips #18 Cara Mencegah Kebakaran Pada Mobil


Mobil terbakar tak mesti terjadi hanya karena hura-hura, tetapi bisa kapan saja. Pasalnya, mobil terdiri dari bahan-bahan yang sangat mudah terbakar, seperti plastik, katun, karet. Apalagi jka sampai merembet ke tangki bahan bakar, dapat dipastikan akibatnya akan lebih parah lagi.

Mencegah lebih baik daripada menanggulangi. Kebakaran bisa saja disebabkan oleh hal-hal sepele, yang sebetulnya dapat dihindari.

Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan mobil terbakar dan tips mencegahnya:

  1. Salah satu penyebab kebakaran adalah lompatan bunga api akibat kebocoran kabel busi yang kurang baik kondisinya. Anda sebenarnya dapat mencegah hal ini jika secara teratur memeriksa kondisi kendaraan.
  2. Anda juga sebaiknya menghindari sambungan (jumper) sekering dengan kawat atau kabel biasa karena ukuran kekuatan tidak akurat sehingga bisa menimbulkan panas pada kabel listrik.
  3. Jangan lupa pula merawat bantalan-bantalan (bearing) yang terbuka seperti bearing untuk penyetelan ketegangan V-belt, karena jika bearing tidak bekerja dengan sempurna dapat menimbulkan panas, bahkan bisa pula timbul bunga api, akibat gesekan. Isolasikan dengan baik sambungan-sambungan kabel listrik.
  4. Sambungan-sambungan seperti slang atau pipa bisa menjadi titik rawan.
  5. Karena itu, periksalah selalu dan segera ganti apabila ditemukan kerusakan atau kebocoran. Periksa juga klem-klem pada ujung slang atau pipa bensin, di tangki, di fuel filter, fuel pump, terutama klem slang atau pipa setelah mendapat tekanan dari fuel pump.
  6. Pada sisi ini tekanan bahan bakar cukup tinggi sehingga klem harus kuat untuk menjaga agar tidak terdapat kebocoran bahan bakar.
  7. Hindari juga kebiasaan yang berisiko, seperti menggunakan korek api sebagai penerang sewaktu terjadi kerusakan kendaraan. Pada buku petunjuk (manual) kendaraan biasanya dianjurkan menggunakan lampu darurat portable atau flash light (lampu baterai) untuk menghindari sumber api.
  8. Jika sampai terjadi kebakaran, Anda masih dapat mengupayakan terhindarnya akibat yang lebh parah dengan menggunakan pemadam api (fire extinguisher).

Jangan Anda menganggap remeh hal ini, karena Anda tidak pernah tahu kapan kebakaran terjadi. Pilihlah jenis yang sesuai dengan kendaraan Anda dan tempatkan pada posisi yang mudah dijangkau.

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

 

:: toyota mobil :: Partner Penjualan TOYOTA Avanza, Innova, Rush, Yaris, Fortuner, Vios Copyright © 2011 is Edited by TM