** Tersedia : Promo PAKET DP 10%, Program Cicilan KARYAWAN , DP Avanza 19 Jt-an, >> Angs Yaris 2.9 Jt-an, Avanza 2.3 Jt-an <<**

Kamis, 30 Juni 2011

TRADE-IN RESMI



*  Kami melayani TUKAR-TAMBAH
Kendaraan Lama ( ALL TYPE ) 
dengan TOYOTA Baru

*  Kami HARGAI dengan HARGA
terBAIK

*  LEBIH Diutamakan kendaraan
diatas tahun 2000



SEGERA HUBUNGI :
021 – 710 79 887


Promo TOYOTA Bulan ini


*PAKET MURAH DAN
TERJANGKAU*

Gebyar promo KREDIT Menarik TOYOTA dapat anda raih untuk miliki kendaraan TOYOTA baru

 

 

 

 

========================================================================

PESTA GEMILANG TOYOTA 40Thn

GEMILANG 40 TAHUN TOYOTA

TOYOTA kembali memberikan suprise kepada Anda Pelanggan Setia Toyota,dengan memberikan berbagai Hadiah dan Promo. Promo Toyota menariknya dengan tema

"GEMILANG 40 TAHUN TOYOTA".

Promo dan Hadiah ini berlaku Setiap Pembelian Mobil Baru Toyota  Selama periode

Bulan :  APRIL - JUNI 2011.


PROMO Bulan : Juli 2011


Cara Mendapatkan Toyota Avanza Impian Anda Dengan Hanya Mengangsur Setengah Harga Saja !!!

Dapatkan Paket Menarik
DP RINGAN / ANGSURAN RENDAH DI BULAN INI !!!

Lengkap dengan accessoris seperti :

AC, Radio/Tape/CD, Central Lock, Power Windows, Power Steering, Rear Wiper, Velg Racing, Alarm, Fog Lamp, Mud Guard, Electric Mirror, Rear Bumper, Roof Rail, Digital Clock, dll. (spesifikasi tergantung model yang dipilih)
Cocok untuk :

  • Pemakaian Pribadi / Mobil Keluarga
  • Mobil Operasional Kantor
  • Usaha Antar Jemput
  • Travel
  • Catering
  • dan lain-lain...
*PAKET MURAH DAN TERJANGKAU*
I. Paket Suka-Suka 28% ADDM
- Avanza E MT Angs. 2.3 Juta-an x 35 bulan
- Avanza G MT Angs. 2.6 Juta-an x 35 bulan
- Yaris J MT Angs. 2.9 Juta-an x 35 bulan
- Yaris E MT Angs. 3 Juta-an x 35 bulan
...tipe TOYOTA lainnya :
Hubungi 021 – 710 79 887
II. PAKET DP RINGAN :
10% ADDM TOYOTA ASTRA FINANCE
- Avanza Total DP mulai 15 Juta-an
- Yaris Total Dp mulai 15 Juta-an
 
...tipe TOYOTA lainnya :
Hubungi 021 – 710 79 887
III. PAKET DP : 20% BII FINANCE 
( BUNGA 6.55% 4 TAHUN )
 
Hubungi 021 – 710 79 887
Linda TOYOTA
0858 8100 5816


Minggu, 19 Juni 2011

Tips #28 : Teknik Mengemudi Hemat


fuel-saving_3900_f_4849

Teknik mengemudi menentukan efisiensi bahan bakar mobil. Mobil yang sama, namun dikendarai dengan teknik mengemudi yang berbeda, efisiensinya bisa berbeda jauh. Yang satu irit, sementara yang lain bikin bocor kantong.

Consumer Report -majalah advokasi konsumen terbesar di Amerika Serikat- yang rajin melakukan pengujian dan penelitian terhadap barang-barang kebutuhan konsumen termasuk otomotif member saran sederhana yang jika diterapkan membantu mengurangi kebiasaan mampir di SPBU.

Sebelum berangkat:

  • Periksa ban. Butuh energy lebih banyak untuk menggelindingkan ban yang kurang angin. Ini artinya bensin dibakar lebih banyak. Pastikan untuk menjaga tekanan angin pada level yang direkomendasikan pembuat mobil. Kebiasaan menambah tekanan angin setiap pekan membantu menjaga kondisi ban. Ban dengan rolling resistance rendah juga mulai banyak ditawarkan.

Di jalan:

  • Jangan kebut-kebutan di tol. Semakin dalam pedal gas dibenamkan, semakin rendah efisiensi. Consumer Reports pernah melakukan pengujian pada Toyota Camry, sedan keluarga paling laris di Amerika Serikat. Efisiensi mobil turun 5mpg (2,13km/liter) saat kecepatan dinaikkan dari 55mph (88km/jam) ke 65mph (104km/jam). Ketika kecepatan dinaikkan lagi hingga 75mph (120km/jam), efisiensi turun lagi 5mpg.
  • Jangan ugal-ugalan. Jangan ambil kesempatan untuk melakukan akselerasi keras dan tiba-tiba meskipun ada kesempatan. Kebiasaan nge-gas lalu nge-rem lagi, jelas-jelas bikin bensin terbuang percuma. Pada Camry yang di uji Consumer Reports, gaya mengemudi seperti ini bisa memangkas kemampuan jelajah mobil antara 2 - 3 mpg (0,85 - 1,28km/liter). Jadi untuk setiap 10 liter bensin, jarak tempuh yang hilang antara 8,5 km - 12,8 km. Lumayan bukan.
  • Jangan merusak aerodinamika. Bagasi yang berlebih, lalu ditempatkan di atap jadi pemandangan rutin setiap mudik lebaran. Padahal ini kebiasan buruk ditinjau dari efisiensi bensin. Penguji Consumer Reports menemukan, barang di atap membuat efisiensi turun hingga 6mpg (2,55km/jam) saat melaju dengan kecepatan 65mph (104km/jam).
  • Abaikan alat-alat yang dipromosikan bisa menghemat bahan bakar secara signifikan. Pengujian CR belum menemukan satu alat pun yang mampu memberikan penghematan signifikan.

 

[ sumber : Toyota ]


Toyota Bangun Pabrik Baru Untuk Naikkan Produksi


toyota_bangun_pabrik_baru_untuk_naikkan_produksi__big__20110525143911_file_vino_cms

Jakarta – Paska gempa dan tsunami yang  menimpa Jepang pada 9 Maret 2011 lalu membuat Toyota Motor Corporation mulai bangkit dari keterpurukan.
Melalui rantai usahanya, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan melakukan langkah ekspansi dengan membangun pabrik baru untuk pengecatan dan perakitan di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat.
Tak tanggung-tanggung, untuk ekspansi perusahaan yang telah berdiri sejak 1971 itu  menyiapkan nilai investasi sebesar 16,5 miliar yen atau setara Rp 1,7 triliun
Seperti yang disampaikan Menteri Perindustrian, MS Hidayat saat bertemu dengan sejumlah perwakilan Toyota di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pada Rabu (24/5) bahwa pihak Toyota telah sepakat untuk memperluas pabriknya di Indonesia.
"Rencananya pembuatan pabrik barunya ini akan dilakukan tahun depan dengan nilai investasi pada tahap pertama sebesar 16,5 miliar yen atau setara Rp 1,7 triliun," akui optimis  bahwa Indonesia akan jadi pusat basis manufaktur otomotif.
Dalam pertemuan dengan Menteri Perindustrian kali ini selain pihak Toyota membawa tim yang terdiri dari Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN dan Johnny Darmawan, Wakil Presiden Direktur TMMIN serta Hideyuki Imai, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.
Menurut Johnny Darmawan yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan pembangunan pabrik baru ini akan dimulai pada semester kedua tahun ini dan targetnya akan selesai pembangunannya pada akhir 2012. Sehingga pada awal 2013 nanti, diharapkan pabriknya sudah mulai berproduksi.
Melalui aksi bisnisnya itu diharapkan juga perseroan bisa menambah kapasitas produksinya hingga 140 ribu unit pertahunnya, dari produksi sebelumnya yang hanya 100 ribu unit per tahun. Tentu saja ekspansi usaha dibidang perakitan ini bisa membuka peluang sekitar 500 tenaga kerja baru yang akan diserap pabrik ini.
Sebenarnya, tambah Johnny pihaknya sudah mempunyai pabrik di lokasi yang sama di Karawang. Namun, dari areal yang dimilikinya seluas 100 hektare di kawasan pabrik tersebut, baru sekitar 30 persen saja areal yang dipakai. Oleh sebab itu, arealnya akan dimanfaatkan dengan menambah gedung baru di dekat pabik yang sudah ada.
Apalagi, tegasnya perusahaan merger Toyota lainnya, yakni Daihatsu mempunyai target produksi hingga 400 ribu unit pertahun. Diharapkan dengan pabrik baru ini, pencapaian target Toyota yang memperoleh pangsa pasar di atas 36 persen dalam empat bulan terakhir ini dapat dipertahankan.

[ Sumber : Skalanews ]


Toyota Dirikan Eco Island


20110419_010407_toyota40tahun

Dalam rangka 40 tahun kehadiran Toyota di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) meresmikan Toyota Eco Island di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta (19/4).
Dengan program CSR (Corporate Social Responsibility), Toyota menegaskan  kehadiran Toyota di Indonesia bukan semata-mata untuk kepentingan bisnis belaka. Namun juga turut memperhatikan dan memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan hidup sekitar.
"Komitmen memberikan yang terbaik kepada konsumen dan memberi keuntungan sosial atas keberadaan Toyota merupakan modal utama untuk bisa memajukan perusahaan," terang Johnny Darmawan, President Director PT TAM.
Pembangunan Toyota Eco Island seluas 1,5 hektar yang diisi oleh pepohonan habitat asli daerah pantai. Pemilihan di kawasan Taman Impian Jaya Ancol bertujuan untuk kemudahan akses terhadap masyarakat luas.
Dana pembangunan Toyota Eco Island berasal dari program Car for Tree yang digelar TAM selama periode Juli-Desember 2010. Dalam program ini, sebagian hasil dari penjualan unit Toyota disisihkan selama periode tersebut.
Selain itu, Toyota juga menaruh perhatian terhadap dunia pendidikan. Salah satu program yang akan ditingkatkan adalah perluasan Toyota Technical Education Program (T-TEP). Pada 2011 akan diperluas ke 4 kota baru, yakni Pekan baru, Makassar, Manado dan Semarang.

 

[ sumber : autobild ]


Toyota CROWN Royal Saloon : Sedan Termewah Toyota


20110506_110038_Toyotacrown

Desain luar Crown terlihat halus dan minimalis. Kesan berkelas tampak dari pola gril krom dengan mahkota di tengahnya. Sedikit mencuri perhatian adalah pembatas antara lampu besar dan jauh, serta lekukan ala alis mata di atasnya. Pola bumper X mirip Camry dan desain foglamp mengingatkan pada Prius.
Nuansa kendaraan papan atas mencuat di belakang. Lampu besar mendominasi dan membuatnya semakin mewah. Sepasang knalpot trapesium mengentalkan aroma modern dan seperti menyimpan potensi tenaga besar.
Benar saja. Di dalam ruang mesin terdapat unit 3GR-FE 2.995 cc V6 Dual VVT-i bertenaga 224 dk pada 6.200 rpm. Sebagai penerus tenaga disediakan transmisi otomatis 6-speed Super ECT dengan pilihan mode manual.
Sayang, mesin ini berbeda dengan versi menteri berkode 3GR-FSE. Model yang digunakan sudah dilengkapi teknologi Direct Injection (D-4) dan Dual VVT-i. Makanya, walau kapasitasnya hanya 2.994 cc V6, Crown menteri mampu menghasilkan tenaga 252 dk.
Tetap saja, Crown Royal Saloon versi PT Toyota-Astra Motor (TAM) tidak kehilangan gairahnya. Saat pedal gas diinjak habis, terasa sekali lonjakan torsi di roda. Semakin memacu adrenalin karena diiringi desingan khas mesin V6. Kendati demikian, Medium Luxury Sedan ini tetap tenang saat diajak jalan santai.
Sejalan dengan konsep kemewahan, kenyamanan menjadi kelebihan berikutnya. Bantingan suspensi terasa sangat empuk. Semakin memuaskan karena tingkat kebisingan kabin sangat minim.
Risikonya, pengendalian Crown terasa kurang lincah. Apalagi dengan bodi besar yang diusung. Tapi, saat sudah mendapatkan posisi duduk terbaik, bodi bongsor bukan lagi kendala.
Oke, kini kami persilakan Anda masuk ke kabin. Kesan mewah menyeruak dari tampilan dasbor modern. Layar monitor sebagai pusat perhatian menyediakan berbagai pilihan menu yang memudahkan. Bahkan Crown memiliki sistem navigasi 3D baru yang sayangnya belum bisa dioperasikan di Indonesia.
Karena diimpor langsung dari Jepang, huruf Kanji yang tertera pada tombol kerap menyulitkan. Memang sudah disertai kalimat dalam bahasa Inggris, namun tetap saja menyulitkan, terutama saat masuk pada pilihan menu.
Sistem audionya tersembunyi di balik panel kayu mewah yang menunjukkan kelas Crown, sekaligus mengurangi kesan ruwet di dasbor.
Kabin belakang adalah singgasana Anda. Lapisan kulit halus dan jok dengan busa empuk membuai penumpang. Apalagi ruang kepala dan kaki luas, serta sandaran tubuh bisa direbahkan memberi Anda kesempatan lebih besar untuk relaksasi.
Di dalam armrest tersedia beberapa tombol pengatur audio, AC, dan pendingin bangku belakang. Ya, sama dengan di depan, bangku belakang memiliki pemanas dan pendingin terpisah.
Rasanya tidak salah jika PT TAM memasukkan Crown ke Indonesia. Kemewahan yang disajikan sangat layak dinikmati pemiliknya yang ratarata memiliki reputasi tinggi.

Toyota Crown Royal Saloon

Mesin: 2.995 cc V6, 224 dk
Torsi maksimum: 300 Nm/4.400 rpm
0-100 km/jam: 8,6 detik (klaim)
Konsumsi bbm: N/A
Transmisi: 6-spd auto/rwd
P x L x T: 4.880 x 1.795 x 1.475 mm
Wheelbase: 2.850 mm

Harga: Rp 1,3345 miliar

FIRST OPINION

Walau tanpa bantuan pengawal yang membukakan jalan, sekarang Anda bisa merasakan kenyamanan yang disajikan Toyota Crown Royal Saloon. Memang yang didatangkan PT TAM bukanlah varian termewah, tapi Medium Luxury Sedan ini mampu memberikan pilihan bagi pemilik Camry yang ingin ‘naik kelas’.

SEKILAS PANDANG

  • Di negara asalnya, Toyota Crown memiliki banyak turunan model
  • Dulunya Toyota Crown hanya diperuntukkan sebagai taksi di Jepang

VERSI ULANG TAHUN

Saat ini Toyota Crown genap berusia 55 tahun. Sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapaian tersebut, Toyota merilis Anniversary Edition yang menggunakan Toyota Crown Athlete sebagai basis.
Dalam keluarga Crown, Athlete adalah model terkecil yang menggunakan mesin 2.499 cc V6 Dual VVT-i, dan Direct Injection (D4). Tenaga dan torsi yang dihasilkan mencapai 203 dk dan 243 Nm, yang disalurkan ke roda belakang oleh transmisi otomatis 6-speed Super ECT.
Ciri Crown Athlete adalah rumah headlamp dengan rona smoke grey untuk mengentalkan aroma kencang. Desain gril juga berbeda dengan Royal Saloon, seperti halnya profil foglamp. Di belakang, perbedaan tampak pada desain lampu yang ingin mencirikan diri sebagai Crown sporty.
Di dalam, ambience mewah ditampilkan oleh dominasi warna hitam. Sementara untuk kelengkapan bisa dikatakan tak berbeda dari kakaknya. Oh ya, satu ciri menarik keluarga Crown adalah kisi AC di atas penumpang belakang layaknya MPV. Dijamin penumpang belakang selalu merasa nyaman.
Happy birthday Toyota Crown…

Toyota Crown Anniversary Edition

Mesin: 2.499 cc V6, 203 dk
Torsi maksimum: 243 Nm/4.800 Nm
0-100 km/jam: N/A
Konsumsi bbm: 12,4 km/l (klaim)
Transmisi: 6-spd auto/rwd
P x L x T: 4.870 x 1.795 x 1.470 mm
Wheelbase: 2.850 mm

Harga: Rp 1,25 miliar

 

[ sumber : Autobild ]


Toyota Tampilkan Yaris Dan Prius Baru


20110207_025822_toyotayarishyb470

Toyota siap menguak strategi teknologi tenaga hybrid terdepannya sebagai jenis mobilitas dan transportasi di masa depan di Geneva Motor Show bulan depan.
Event itu akan menjadi saksi debut dari konsep Yaris HSD sebagai pembuktian keandalan teknologi hybrid Toyota yang diinstalasikan pada mobil jenis segmen B, segmen yang terbesar di kawasan Eropa.
Selain siap memajang Yaris HSD Concept, Toyota juga akan menghadirkan Prius+ yang mirip dengan Prius V yang ditampilkan pada event NAIAS awal tahun ini. Mobil ini akan ditampilkan untuk memukau publik Eropa bagaimana bentuk Prius dengan kapasitas ruang kabin yang dapat lebih banyak memuat penumpang. Serta ruang kargo lebih lapang dibanding model sebelumnya. Namun masih memiliki tingkat efisien pemakaian bbm yang irit serta beremisi rendah.  
Toyota Yaris HSD Concept, menandakan langkah baru dalam proses kesiapan pabrikan ini untuk menghadirkan varian hybrid ke dalam seluruh line up modelnya di Eropa.
Model konsep ini diklaim oleh pabrikannya sebagai model yang menggabungkan acuan styling hybrid secara spesifik dengan elemen desain masa depan. 
Yaris Hybrid akan menggunakan Hybrid Synergy Drive Toyota yang juga digunakan oleh Prius. Tapi model ini akan lebih irit lagi dibandingkan sang kakak. Diperkirakan model konsep ini memiliki tingkat pemakaian bbm 40 km/liter, sedangkan Prius 38 km/liter.
Hatchback kompak konsep ini jika sudah layak masuk produksi untuk dipasarkan di Eropa, akan dirakit difasilitas perakitan Toyota di Valenciennes, Prancis. Tampilannya cukup berbeda ketimbang versi konvensional terbarunya yang sebentar lagi juga akan siap dipasarkan secara global.Sama seperti model hybrid lansiran Toyota lainnya, Prius+ juga siap menggunakan Hybrid Synergy Drive.


Pada event NAIAS, keluarga Prius terbaru telah hadir dan saat itu benar-benar membawa penyegaran terhadap model Prius yang saat ini masih beredar yang terlihat mulai sedikit lawas.
Berbasiskan Prius V seperti pada NAIAS, sistem penggerak hybrid Prius+ sudah mengalami pengembangan dari model lamanya. Selain memberikan tingkat efisiensi pemakaian bbm lebih irit, sistem ini juga menawarkan 4 pilihan mode pengendalian yakni Normal, Power, Eco dan EV.
Diperkirakan untuk siap masuk pasar pada 2012, Prius+ merupakan bagian dari ekspansi global line up Prius yang diperkirakan akan mencapai 11 varianl. Serta akan menyegarkan kembali model hybrid paling favorit di dunia ini.
Toyota belum memaparkan secara detail mengenai kedua model konsep ini. Toyota hanya tampilkan foto-foto penggodanya dulu sebelum mengungkapkan spesifikasi dan performa dari kedua model ini pada event di Jenewa bulan depan.
Selain menampilkan 2 model konsep hybrid ini, Toyota juga akan mendemonstrasikan bentuk teknologinya yang multiguna untuk meraih tingkat pemakaian bbm yang sangat efisien serta bebas emisi pada model-model lansirannya. Termasuk model PHV (Plug in Hybrid Vehicles) lalu, EV dan FCHV (Fuel Cell Hybrid Vehicles). Semuanya itu mewakili bentuk strategi Toyota untuk menghadirkan perilaku bertransportasi dan model-model kendaraan ramah lingkungan di masa depan.

 

[ sumber : Autobild ]


Toyota Eropa Tampilkan Yaris Baru


20110616_011624_toyotaYarisEuro470

Toyota siap memasarkan new Yaris untuk kawasan Eropa dalam waktu dekat ini. Walau banyak yang memperkirakan pabrikan asal Jepang ini makin memfokuskan model hybrid bagi kawasan Eropa untuk masa mendatang, namun saat ini sorotan masih menuju pada model-model bermesin konvensional.
Seperti halnya new Yaris ini. Ia akan diandalkan Toyota untuk menaklukan segmen mobil compact hatchback di Eropa dan sosoknya masih mengikuti kembarannya yakni Toyota Vitz di Jepang yang lebih dulu diperkenalkan.
Tampilan luar Yaris versi Eropa terlihat mengusung bahasa desain Toyota terbaru. Hal ini secara jelas terlihat pada desain lampu depan yang kini lebih bersudut. Secara keseluruhan desain eksterior Yaris terbaru ini masih kental dengan garis-garis desain model lamanya.
Namun dimensi Yaris terbaru ini berbeda dari yang lama. Dengan dimensi 100 mm lebih panjang, 20 mm lebih rendah dan lebih tinggi 50 mm, ia juga lebih ringan bobotnya sekitar 30 kg.

Hal ini memberikan kontribusi lebih pada performa dan efisiensi konsumsi bbm. Dengan dimensi bodi yang semakin mekar dan panjang, ruang dalam kabinnya pun diklaim lebih lapang. Ruang kaki Yaris terbaru spesifikasi Eropa ini lebih panjang 35 mm.
Jika tampilan luar Yaris secara sekilas masih mirip dengan model lamanya, tak demikian pada kabinnya. Sebab perbedaan menyolok justru pada interiornya. Panel instrumen kini berada di depan posisi pengemudi. Berbeda dari Yaris lama yang letaknya di tengah.

Lalu Toyota kembali menghadirkan gauge konvensional menggantikan instrumen digital. Glove box ganda yang dulu dianut Yaris lama kini ditiadakan. Secara keseluruhan penataan instrumen di dasbor kini lebih difokuskan untuk pengemudi. 
New Yaris versi Eropa ini akan tersedia dalam dua opsi mesin bensin. Yakni mesin berkapasitas 1.000 cc dengan tenaga 68 dk serta 1.300 cc bertenaga 93 dk. Model bermesin 1.300 cc akan dilengkapi dengan fungsi start-stop.
Setelah Yaris bermesin bensin sukses di pasar Eropa, nantinya juga akan dihadirkan versi diesel dan diperkirakan varian hybrid menyusul belakangan. Seluruh Yaris untuk kawasan Eropa, bakal dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan.
Soal detail kelengkapan dan harganya, pabrikan asal Jepang ini  bakal ungkap lebih lanjut secara resmi sekitar bulan depan. Sejauh ini Toyota hanya memanaskan suasana dengan tampilkan foto-fotonya dan sedikit menguak spesifikasi secara ringkas saja.

[ sumber : Autobild ]


Sabtu, 18 Juni 2011

Toyota Hilux Facelift Hadir Bulan Depan di Indonesia


Hilux-BAru

Jakarta - Segmen mobil double-cabin, boleh dibilang tidak terdengar di kota-kota besar, tapi kalau di daerah-daerah, Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar. Jadi jangan heran kalau beberapa pabrikan menyiapkan senjata-senjata barunya.
Tak terkecuali pabrikan terbesar di Jepang, Toyota. Melalui pengagen tunggalnya di tanah air, Toyota Astra Motor, Toyota Hilux facelift siap diluncurkan bulan depan.
"Paling dekat, kita akan meluncurkan Hilux terbaru. Sebentar lagi kok, rencananya bulan depan," tegas Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, hari ini (7/6)
Memang, tidak ada perubahan drastis yang dilakukan Toyota Astra Motor terhadap model baru dari Hilux ini. Hanya perubahan pada tampang luar, agar menjadikan Hilux terlihat lebih gagah dan tangguh.
Perubahan paling kentara tentu saja pada bagian wajah, dimana bumper dan grill-nya berubah. Terlihat lebih gagah memang, dan terkesan mewah dari yang sebelumnya yang terkesan polos begitu saja.
"Modelnya sama kok dengan yang di Thailand, coba lihat saja," tambah GM Marketing Planing Customer Relation Division PT TAM, Widyawati Soedigdo.

[ sumber : Otomotifnet ]


Toyota Avanza Model Baru Segera Hadir


Avanza-baru Jakarta - Avanza model baru akan hadir di akhir tahun 2011 ini, tepatnya di bulan November 2011.

Penasaran?

Nantinya, sosok Avanza terbaru ini adalah benar-benar full model change, dan bukan sebatas facelift saja. Meski sampai saat ini bagaimana sosoknya belum juga bisa diketahui.

Sayang, Toyota Astra Motor masih benar-benar menutup rapat sosok MPV terlaris di Indonesia ini. "Kita belum bisa katakan sekarang, pokoknya semuanya sedang disiapkan, tahun ini Avanza model baru akan diluncurkan," buka Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan.

"Atau kalau masih penasaran, coba saja tanyakan Daihatsu, kan Avanza diproduksi oleh Daihatsu," ujar GM Marketing Planing Customer Relation Division PT TAM, Widyawati Soedigdo.


Maka, Linda Fatimah, Media Communication Astra Daihatsu Motor, akhirnya bersedia menjawabnya. "Avanza-Xenia terbaru rencananya di bulan November ini, mudah-mudahan tidak ada halangan," ungkapnya.

Tuh kan, bersabar sedikit ya biar bisa membawa pulang Avanza model baru ke garasi rumah anda!

 

[sumber : Otomotifnet]


New Rush G Luxury 2011


Rush-G-Luxury Jakarta - Mulai bulan Juni 2011 ini, anda yang gagal mendapatkan Toyota Rush tipe S bisa melirik varian terbaru dari Toyota Rush yang berlabel G Luxury. Harganya lebih murah Rp 3 jutaan dari tipe S.
Harga resmi dari varian terbaru Toyota Rush G Luxury seharga Rp 201,55 juta tipe transmisi manual dan Rp 215 juta tipe transmisi otomatis.
Sementara harga Toyota Rush tipe S transmisi manual, dibanderol Rp 195,2 jutaan dan tipe transmisi otomatisnya dibanderol seharga Rp 218,550 jutaan.
Harga yang lebih murah tersebut, karena Toyota Astra Motor tidak menyematkan fitur rem ABS pada Toyota Rush tipe G Luxury ini. Sementara untuk kelengkapan fitur lainnya, benar-benar sama dengan Toyota Rush tipe S.
Kehadiran Rush tipe G Luxury karena memang dilakukan Toyota Astra Motor untuk mengisi kekosongan stok dari Rush tipe S, terkait dengan tersendatnya distribusi komponen karena bencana Jepang beberapa waktu lalu.

 

[ Sumber : Otomotifnet ]


Minggu, 05 Juni 2011

New Fortuner Minor Change 2011 ?


JAKARTA — Bukan hanya Toyota Innova 2011 yang bakal disegarkan PT Toyota Astra Motor (TAM), namun juga Toyota Fortuner.

ToyotaFortuner2011-2 fortuner2011-1

Jika pekan lalu dikejutkan dengan nongolnya wajah baru Innova giliran paras Fortuner yang mulai terendus desain barunya.

Foto yang terungkap di forum Seraya Motor ini dengan jelas memperlihatkan tampang baru di bagian depan. Meskipun dalam foto tersebut lampu depan, grille dan lampu fog lamps. Sedangkan pada buritan tampaknya penyegarannya pada lampu belakang.

Prediksi dapurpacu.com Fortuner 2011 facelift ini akan mengalami minor change. Wajah depannya akan terlihat seperti lampu dan grille depan model Land Cruiser terbaru yang lebih gagah dibanding model saat ini.

Sedangkan interior diyakini tidak akan mengalami banyak perubahan. Fortuner teranyar Toyota ini kemungkinanan akan diperkenalakan bersamaan dengan Indonesia International Motor Show 2011 pada akhir Juli mendatang.

[Sumber : Dapur Pacu ]


Toyota Jadikan Indonesia Basis Produksi Otomotif


110126ctoyota

Jakarta: Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan mengatakan selama empat puluh tahun Toyota telah menjadikan Indonesia sebagai basis produksi yang kuat untuk pasar domestik maupun ekspor. "Sejak tahun 1987 sampai akhir tahun lalu Toyota telah mengekspor sekitar 225.382 ribu mobil CBU (completely built up), 561 ribu mobil yang diekspor secara CKD (completely knock down), 1,4 juta mesin, dan 200 juta komponen dari Indonesia," katanya pada perayaan 40 tahun Toyota di Indonesia, di Jakarta.
Ia mengatakan pada 1987 Toyota telah mengekspor kendaraan serbaguna (MPV) mobil Kijang antara lain ke Filipina dan Fiji. Ekspor Toyota kemudian semakin berkembang dengan produk-produk lainnya seperti MPV low Avanza dan SUV Fortuner, di samping Innova.
"Kami terus mengupayakan Indonesia menjadi basis produksi yang kuat, karena Indonesia sangat menarik dengan basis pasar yang besar. Namun, kami butuh dukungan pemerintah terutama dalam hal infrastruktur, baik jalan, listrik, pelabuhan, dan sumber daya manusia yang andal," katanya.
Jhonny memperkirakan sejak 12 April 1971 Toyota telah menginvestasikan dana lebih dari miliaran dolar AS. Menurut dia satu pabrik saja, investasinya bisa mencapai US$ 150 juta. Saat ini Toyota memiliki beberapa pabrik di Indonesia dan telah melakukan investasi pada anak perusahaannya yaitu Daihatsu.

 

[Sumber : Liputan6]


Wajah Baru New Kijang Innova 2011 ?


JAKARTA (DP) — PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan meluncurkan tampilan baru Toyota Kijang Innova, mobil paling sukses dan legendaris.

ToyotaKijangInnova2011-460x306

Rumor ini diungkap tabloid Otomotif edisi minggu ini, Kamis (17/3), Bahkan judulnya ditempatkan sebagai cover berjudul “Wajah Baru Innova !!!”. Otomotif menyajikan desain baru Innova dengan digital image.

MPV andalan TAM ini kemungkinan bakal menunjukkan sosok barunya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 pada akhir Juli mendatang.

Keberadaan Innova baru memang hangat menjadi bahan pembicaraan sejak dua bulan terakhir. Seorang pemilik Innova ingin melepas audio hasil modifikasinya menjadi kembali standar. Pasalnya Innova miliknya akan dijual karena akan muncul Innova baru. Bahkan diungkapkan desainnya bakal menggunakan pintu sliding seperti Alphard.

Perihal jantung mekanis tidak akan ada perubahan, tetap mengandalkan mesin 2.0 liter. Salah satu petinggi TAM yang dihubungi redaksi masih enggan mengungkapkan perihal berita tersebut.

[ Sumber : Tabliod Otomotif ]


Yaris Eksis Lewat Komik


20110604_093124_toyotayarisfest toyotayarisfest1

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa hubungan Yaris dengan komik? Jawabannya ada di Groovy Comic Festival. Makko sebagai satu-satunya majalah komik online di Indonesia membuat komik bertajuk Rokki bersama Yarisnya. Komik ini ditulis oleh WH.Rauf dan dicitrakan oleh Rhoald Marcellius.

Rokki bercerita mengenai seorang remaja yang sedang melewati masa SMA-nya. Tentu saja termasuk semua problema yang dilaluinya. Dan Yaris yang menemani Rokki dan teman-temannya dalam setiap petualangan mereka.

“Karakter Rokki dalam komik merupakan anak yang cerdas dan cekatan. Hal ini sesuai dengan personifikasi profil Yaris,” ungkap Evelyne, Advertising and Event Section Head PT Toyota Astra Motor.

Sebagai sosok yang terus mengawal kesuksesan Yaris di Tanah Air, Evelyne merasa jiwa Yaris juga sangat serasi dalam komunitas Komik di Indonesia. Menurut penggemar komik ini, tangan-tangan trampil di bidang ini sangat banyak di Tanah Air.

Hal senada disampaikan oleh Mehdi selaku Executive Director Makko. Menurutnya semua potensi ini sangat disayangkan jika dibiarkan tak terarah. Untuk itu ia membangun Makko sebagai wadah para komikus Indonesia berkarya.

“Kami berharap karya-karya ini tak hanya dinikmati oleh masyarakat Indonesia saja, melainkan hingga mancanegara,” ucap Mehdi. Ia menjelaskan kalau Makko yang baru saja berdiri pada 1 Januari 2011 ini telah memiliki 4.900 anggota. Dan terus berkembang hingga saat ini.

Groovy Comic Festival berlangsung di Tribeca Park, Mal Central Park, Jakarta Barat (4-5/6). Acara ini turut diramaikan oleh berbagai jago-jago komik lokal seperti Is Yuniarto, Archie the Redcat, Sweta Kartika, Alex Irzaqi, Ockto Baringbing dan masih banyak lagi lainnya.

Even ini juga menggelar talkshow komik, lomba cosplay, komik strip dan tentu saja music stage. Tak ketinggalan permainan seru yang dimainkan melalui Twitter.

 

Sumber : Autobild


Tips #27 Mobil Sulit Dihidupkan


Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional.

Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula.

Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi.

Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.


Tips #26 Pahami Mesin Melalui Oli


Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin mobil anda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan warna oli. Dari warna-warna inilah anda bakal mengetahui apa yang terjadi dalam mesin kendaraan lesayangan anda.

1. Coklat Agak Kekuningan
Ini terjadi pada kendaraan usai menempuh perjalanan. Jarak yang kurang lebih berkisar antara 1000-2000 km, membuat warna oli akan menjadi coklat kekuningan.

2. Hitam
Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah jika kendaraan melakukan perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh dari jumlah di atas. Akan tetapi jika itu tidak anda lakukan, tapi warna oli anda tetap hitam, bisa jadi itu karena kerusakan mesin yang terjadi pada mobil anda.

3. Putih Pekat
Oli berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air. Hal ini bisa jadi karena kondisi mesin anda yang sudah kurang baik.

Baiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya, lakukan pengecekan. Jangan sungkan untuk memperbaiki sedikit saja kerusakan karena ini bisa memperkecil jumlah kocek yang harus anda keluarkan.


Tips #25 Pemicu Mesin Mobil Getar


Tanda-tanda demam pada manusia, badan terasa menggigil (gemetar). Kalau pada mobil mesin bergetar berarti ada komponen yang tidak beres. Gangguan itu sangat menyebalkan, terutama saat menunggu lampu rambu (traffic light), suara mesin terdengar pincang.

Mereka-reka penyebab mesin bergetar bisa mengeluarkan banyak biaya ketika dibawa ke bengkel. Lain halnya jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, Anda tak bakalan dikelabui mekanik. Beberapa petunjuk di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

1. Busi mati
Mesin pincang, tidak cuma saat kondisi stasioner, tapi juga saat jalan. Biasanya, dari 4 busi ada satu busi yang mati. Solusinya, disarankan untuk mengganti semua busi agar kondisinya sama.

2. Distributor rusak
Sistem pengapian tidak sempurna akibat distributor rusak, membuat putaran mesin tidak rata.

3. Koil rusak
Mesin bergetar, langsung mati dan tidak bisa dihidupkan. Bila kerusakan koil sudah parah, mesin sulit dihidupkan. Ganti komponen pembangkit listrik ini.

4. Sistem injeksi terganggu
Untuk mobil yang sudah menggunakan sistem pasokan bahan bakar injeksi. Gejalanya, mesin bergetar dengan frekuensi agak jarang dan muncul pada putaran mesin tinggi. Jika kerusakan belum parah atau sekadar terjadi penumpukan kotoran, bisa dilakukan pembersihan dengan kalibrasi ulang nosel injektor.

5. Karburator kotor atau bermasalah
Mesin tidak akan bekerja sempurna dan timbul getaran. Komponen ini memiliki tugas menyuplai bensin ke silinder.

6. Setelah idle dan valve karburator
Ini khusus untuk mobil yang masih memakai karburator. Bila setelan idle terlalu tinggi dan katup karburator tak menutup sempurna, mesin bergetar saat dimatikan. Sebab, kala kunci kontak sudah di-off, mesin masih mendapat suplai bensin. jadi, perlu setel ulang karburator.


Tips #24 Periksa Shockbreaker demi Kenyamanan dan Perawatan Ban


Beberapa faktor penyebab ban bergelombang di antaranya karena tekanan angin, stelan spooring yang tidak tepat atau pun kualitas ban yang buruk. Selain itu, ban yang bergelombang juga bisa disebabkan oleh penggunaan shockbreaker (shock absorber) yang kondisinya sudah kurang prima. Maka, rutinlah memeriksa shockbreaker agar duduk di dalam mobil terasa lebih nyaman dan keempat ban mobil Anda pun menjadi lebih terawat. 
Secara fisik, kerusakan shockbreaker dapat diketahui dari terdengarnya bunyi-bunyi tak normal di sekitar shockbreaker, terutama ketika kita melewati jalan yang permukaannya tidak rata. Pemeriksaan dapat kita lakukan juga dengan melihat ada tidaknya kebocoran oli pada komponen ini. Bekas rembesan oli akan terlihat jika ada seal dalam shockbreaker yang robek sehingga oli mengalir keluar.
Di samping itu, kondisi shockbreaker dapat diperiksa dengan cara menekan-nekan body mobil dan memperhatikan pantulannya. Bila bodi memantul berulang-ulang, berarti sudah waktunya shockbreaker diganti. Agar lebih yakin, bawalah ke bengkel resmi karena pemeriksaan mereka lebih tepat dan akurat dengan cara mencopot shockbreaker dari body mobil.
Dari segi waktu, biasanya komponen penyerap getaran ini sudah mulai rusak pada tahun ke-tiga (sekitar 60.000 km). Bahkan, kerusakan  bisa lebih cepat lagi jika mobil Anda sering melintasi medan yang permukaan jalannya kurang bagus sehingga  komponen ini sering bekerja lebih berat.
Sebagai bentuk perawatan, kondisi shockbreaker juga bisa kita jaga. Misalnya dengan cara sedapat mungkin menghindari jalan yang berlubang. Kalaupun terpaksa harus melintasi medan yang kurang bagus, kurangilah laju kecepatan. Jika perlu, berjalan dengan sangat lambat agar shockbreaker tidak perlu bekerja terlalu keras meredam guncangan.
Beban kendaraan juga harus diperhatikan. Usahakan jangan membawa atau mengangkut muatan dengan beban yang tidak sesuai kapasitas mobil. Jika pabrikan mendesain mobil untuk 5 penumpang, jangan memaksa untuk membawa penumpang lebih banyak, apalagi dengan menambahi barang bawaan di kabin atau atap mobil.
Perawatan juga dapat dilakukan dengan secara rutin membersihkan shockbreaker dari kotoran yang menempel. Kotoran sanggup merusak seal-seal maupun piston. Rutinitas membersihkan komponen ini juga seharusnya lebih intensif jika mobil sering diajak melewati medan yang kotor dan becek.


Tips #23 Rutin Periksa Ban Tingkatkan Keamanan


Salah satu titik pemeriksaan yang harus kita lakukan sebelum berkendara adalan ban. Jangan lupa untuk melihat seluruh ban, kiri dan kanan, depan maupun belakang. Bukan tak mungkin ada yang kempes. Bila ada yang kurang angin, sempatkan mampir sebentar ke stasiun SPBU terdekat atau tempat-tempat tertentu yang bisa membantu kita menambah angin.

Pemeriksaan ini sangat sederhana, tetapi kadangkala pengendara menganggap sepele sehingga langsung masuk kabin dan tancap gas. Padahal, faktor kesiapan kondisi ban bagi keselamatan berkendara sangat penting. Tekanan angin yang kurang membuat gesekan antara tapak ban dan permukaan jalan menjadi sangat besar (lengket), suhunya pun lebih cepat panas. Suhu semakin naik jika kondisi jalan juga panas. Jika dipaksakan, ban dengan tekanan angin yang kurang akan lebih mudah pecah.

Bukan hanya pecah dan lebih cepat merusak kembang ban di bagian sudut-sudut luar atau bahu ban. Tekanan angin yang kurang pun membuat ban lebih berat berputar, sehingga kerja mesin dalam menggerakkan mobil pun menjadi lebih berat. Makanya, ban yang kempes relatif membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih boros.

Sebaliknya, tekanan terlalu tinggi juga tidak safe. Selain membuat sisi tengah lebih cepat aus dan suspensi terasa lebih keras, kondisi ini juga merusak kembang ban di bagian tengah. Daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan (yang akan mempengaruhi kestabilan saat ngerem maupun manuver di tikungan) juga berkurang. Sama seperti ban yang tekanan anginnya kurang, tekanan ban yang terlalu tinggi juga membuat ban mudah pecah.

Karena itu, yang paling aman adalah tekanan yang ideal. Biasanya, angka tekanan ban ideal tertera di sisi dalam pintu dekat setir (pengendara), dapat juga dilihat di buku pedoman pemilik. Saat menambah angin, minta agar tekanannya disesuaikan dengan standar pabrikan.

Akan lebih bagus lagi jika ban Anda menggunakan gas nitrogen. Nitrogen ini sangat baik karena mengurangi risiko karat pada velg ban.


Tips #22 Servis Rutin Sanggup Bikin Mesin Hemat BBM


Berikut ini fakta menarik mengenai cara menghemat konsumsi BBM (bahan bakar minyak). Saat pertama kendaraan diterima 5 tahun lalu konsumsinya sekitar 1:8-10 Km /liter untuk pemakaian dalam kota. Tetapi, dalam lomba irit BBM yang diselenggarakan AvanzaXenia.net akhir pekan 19 Juli 2009 lalu di Jakarta, angkanya tembus sampai ke 1:37,68. Resepnya ternyata sangat sederhana. "Kalau rajin servis rutin ke bengkel resmi, mestinya sudah sangat cukup membuat konsumsi BBM hemat," kata Rismansyah kepada AstraWorld yang turut berpartisipasi di acara itu dengan menggelar Uji Emisi Gratis.

Dengan dasar itu, persiapan pertama yang dilakukan pengurus AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) dan pemilik Avanza tahun 2004 ini adalah mendatangi bengkel resmi Auto 2000 Cikarang. Beberapa pemeriksaan dan perawatan komponen yang terkait efisiensi BBM jadi perhatian khusus. Mulai dari:

(1) mengganti oli menggunakan SAE 10W30 yang secara fisik lebih encer;

(2) membersihkan ruang bakar dan mengganti busi baru dengan gap 0,8 mm (sesuai buku manual); hingga

(3) menggunakan BBM beroktan 92 plus octane booster agar kualitas BBM yang di-supply ke ruang bakar lebih bagus dan sesuai kebutuhan mesin.

Selain masalah pembakaran ia juga berusaha menekan beban berat mobil. Aksesoris yang tidak perlu diturunkan, dan dengan bantuan bengkel ia minta kaki-kaki mobilnya diperiksa. Dilakukanlah spooring dan balancing, pemeriksaan rem untuk mengetahui ada tidaknya hambatan, serta melumasi komponen-komponen bergerak di bagian kaki (cross joint pada kopel, laher differential bagian luar, pully alternator, pully AC, pully power steering, bearing tensiometer). Bahkan menambah angin pada keempat roda hingga tekanannya 45 Psi.

"Intinya hanya dua, yaitu: meningkatkan kinerja mesin dan mengurangi berat beban mobil," katanya. "Sisanya adalah driving attitude," lanjutnya. Dalam hal gaya berkendara, menurutnya, persis seperti yang sudah banyak diterapkan orang. Yaitu, nyetir dan melakukan pergantian persneleng dengan memperhatikan gear ratio. "Dalam kasus lomba tadi, kecepatan jelajah Avanza saya jaga maksimum di 50 km/jam pada rpm 2.200 pada persneling 5, range rpm bermain di antara 1.800 dan 2.800 rpm untuk saat pergantian persneling. Jangan lupa pula lakukan pelepasan kopling secara perlahan hingga terlepas penuh saat kendaraan akan mulai bergerak, lalu tekan gas secara halus untuk menambah kecepatan" katanya.


Di luar servis dan gaya berkendara, tidak ada tambahan lain. "Gak perlu menggunakan produk penghemat BBM yang banyak beredar," sarannya. Satu-satunya tambahan yang ia lakukan adalah meletakkan kipas kecil ukuran 2 inch di saluran masuk udara ke ruang bakar agar kebutuhan udara saat proses pembakaran BBM berlangsung sempurna," katanya. Tetapi, menurutnya, penggunaan kipas ini hanya untuk kepentingan lomba dan bertujuan menurunkan kadar gas CO yang terlepas ke udara.

Efek lingkungan dari penggunaan kipas ini terlihat dari hasil uji emisi AstraWorld. Hasilnya mendekati kendaraan sejenis yang sudah menggunakan teknologi lebih baru (VVTI bersistem closed loop). Print out uji emisi menunjukkan bahwa CO yang terbuang hanya 0,08 % (maks: 3 % ), HC = 73 % (maks: 700 %) dan lambda = 1,5 ( standard 0.98 - 1,02 ). Namun, penggunaan kipas ini tidak ia rekomendasikan untuk berkendara sehari-hari. Karena tenaga hasil pembakaran BBM turun lumayan signifikan yang ditunjukkan dari hasil pengukuran CO2 = 9,6 % saat idle (standard kondisi biasa 14,2- 14.5 % ). O2 = 7.24 % (ideal 1-3 %), AFR =1:21,27 (ideal 1 : 14,7).


Tips #21 Periksa Lampu Rem Cegah Tabrakan Beruntun


Tabrakan bisa dipicu banyak sebab. Hal sepele seperti lampu rem yang mati pun sanggup membuat kecelakaan beruntun dan fatal di jalan raya. Itu sebabnya, lampu rem termasuk bagian yang harus kita periksa sebelum menjalankan mobil. Pastikan komponen penting ini menyala terang dengan warna merahnya. Karena letaknya di belakang, kami sarankan Anda untuk menginjak-injak pedal rem dan melihat pantulan cahayanya untuk memastikan lampu rem berfungsi dengan baik.


Bagaimana jika kita baru tahu bahwa lampu rem mati tatkala kita sedang asyik nyetir mobil di jalan raya? Untuk meminimalisir kebingungan pengendara lain, atasilah masalah ini dengan menghidupkan lampu kecil. Paling tidak, mereka yang berada di belakang akan lebih aware dengan posisi mobil kita. Selain itu, sebaiknya juga lebih memperhatikan jarak aman berkendara serta jangan melakukan pengereman mendadak.


Begitu tiba di tempat, segera lakukan pemeriksaan. Ganti komponen-komponen yang memang sudah rusak. Pemeriksaan dapat dilakukan mulai dari luar. Jika lampu rem hanya mati satu, kemungkinan besar yang bermasalah adalah bohlam lampu yang mati tersebut. Buka mika dan ganti dengan bohlam yang baru.


Tetapi jika lampu rem mati kedua-duanya, kemungkinan besar sekring stop putus. Periksa saja sekring stop yang umumnya terletak di bawah setir. Posisi yang lebih pasti bisa dilihat di buku manual mobil. Copot dan lihat apakah ada bagian sekring yang terputus. Jika ya, solusi mengatasi lampu rem yang mati adalah dengan mengganti sekring rusak ini.


Hal lain yang tidak kalah penting adalah warna. Modif dan tampil gaya boleh saja, tetapi jangan sampai berdampak buruk bagi keselamatan di jalanan. Misalnya, mengganti warna mika lampu  dari merah ke putih atau bahkan hitam. Lantaran tidak standar, sedikit banyak pasti membingungkan pengendara yang berada di belakang. Bukan tak mungkin mereka terkecoh dan terjadilah tabrakan yang sangat tidak kita harapkan.


Tips #20 Tips Mengatasi Mobil Mogok


Sebagai seorang yang mengemudikan mobil, pastinya Anda pernah merasakan salah satu kejadian paling tidak mengenakkan yang pernah dialami seorang pengemudi mobil yaitu mogok. Kejadian tersebut pastinya sangat menyebalkan, terutama bila Anda sedang diburu waktu untuk bisa segera sampai di suatu tempat.

Ditambah kenyataan bahwa Anda kurang paham mengenai seluk-beluk mesin, komplit sudah penderitaan.Untuk mengatasinya (terutama bagi Anda yang tidak mengerti mesin mobil), ada tips-tips singkat yang mungkin bisa dilaksanakan. Siapa tahu, dengan pengetahuan baru ini, kerusakan yang dialami mobil tidak parah dan masih bisa diakali supaya bisa jalan sampai ke bengkel terdekat. Lagipula, Anda tentunya tidak ingin mobil kesayangan (atau mungkin satu-satunya) ditaruh di sebuah tempat yang asing bukan? Berikut kiat-kiatnya:

  1. Periksa power listrik di koil apakah tersambung atau tidak
  2. Lihat distributor dan tempel ke bodi mobil, kemudian starter mobil mengecek ada power/percikan listrik atau tidak.
  3. Bila tidak ada, periksa bagian platina apakah kotor/tidak.
  4. Ulangi langkah kedua, kalau ada pengapian berarti mobil siap jalan.
  5. Bila masih juga mogok coba cek bahan bakar. Ambil botol, masukkan selang bensin ke botol lalu starter mobil. Kalau bensin keluar, berarti bahan bakar masih berfungsi baik.
  6. Bila tidak keluar, berarti pompa/saringan bensin kotor. Kalau sudah begini tidak bisa lain, telepon bengkel langganan supaya mobil Anda bisa diderek dan diperbaiki seluruh sumber tulisan lupa ngambilnya dari web apa... ;D


Tips #19 Waspadai Bahaya Saat Mengisi BBM


Ternyata karena ketidaktahuan kita dapat menimbulkan bahaya tanpa kita sadari. Misalnya saat kita mengisi BBM di pom bensin. Banyak terjadi kasus kebakaran yang disebabkan oleh aliran listrik statis di SPBU. Uap bensinlah yang dapat menyebabkan kebakaran karena bersinggungan dengan benda-benda yang mengandung aliran listrik statis dan dapat memicu kebakaran. Oleh karena itu :

  • Jangan sekali-kali menggunakan HP saat mengisi bensin. Sinyal HP yang mengandung aliran listrik statis dapat bereaksi dengan uap bensin dan menyebabkan kebakaran.
  • Jangan sekali-kali masuk kembali ke dalam kendaraan anda saat pengisian bensin sedang berlangsung.
  • Jika anda memang terpaksa harus masuk kembali ke dalam kendaraan anda saat bensin dipompa, pastikan anda keluar, menutup pintu sambil menyentuh logam, sebelum anda menarik nozzle keluar. Dengan cara ini listrik statis dari tubuh anda akan dibuang sebelum anda menarik keluar nozzle.


Tips #18 Cara Mencegah Kebakaran Pada Mobil


Mobil terbakar tak mesti terjadi hanya karena hura-hura, tetapi bisa kapan saja. Pasalnya, mobil terdiri dari bahan-bahan yang sangat mudah terbakar, seperti plastik, katun, karet. Apalagi jka sampai merembet ke tangki bahan bakar, dapat dipastikan akibatnya akan lebih parah lagi.

Mencegah lebih baik daripada menanggulangi. Kebakaran bisa saja disebabkan oleh hal-hal sepele, yang sebetulnya dapat dihindari.

Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan mobil terbakar dan tips mencegahnya:

  1. Salah satu penyebab kebakaran adalah lompatan bunga api akibat kebocoran kabel busi yang kurang baik kondisinya. Anda sebenarnya dapat mencegah hal ini jika secara teratur memeriksa kondisi kendaraan.
  2. Anda juga sebaiknya menghindari sambungan (jumper) sekering dengan kawat atau kabel biasa karena ukuran kekuatan tidak akurat sehingga bisa menimbulkan panas pada kabel listrik.
  3. Jangan lupa pula merawat bantalan-bantalan (bearing) yang terbuka seperti bearing untuk penyetelan ketegangan V-belt, karena jika bearing tidak bekerja dengan sempurna dapat menimbulkan panas, bahkan bisa pula timbul bunga api, akibat gesekan. Isolasikan dengan baik sambungan-sambungan kabel listrik.
  4. Sambungan-sambungan seperti slang atau pipa bisa menjadi titik rawan.
  5. Karena itu, periksalah selalu dan segera ganti apabila ditemukan kerusakan atau kebocoran. Periksa juga klem-klem pada ujung slang atau pipa bensin, di tangki, di fuel filter, fuel pump, terutama klem slang atau pipa setelah mendapat tekanan dari fuel pump.
  6. Pada sisi ini tekanan bahan bakar cukup tinggi sehingga klem harus kuat untuk menjaga agar tidak terdapat kebocoran bahan bakar.
  7. Hindari juga kebiasaan yang berisiko, seperti menggunakan korek api sebagai penerang sewaktu terjadi kerusakan kendaraan. Pada buku petunjuk (manual) kendaraan biasanya dianjurkan menggunakan lampu darurat portable atau flash light (lampu baterai) untuk menghindari sumber api.
  8. Jika sampai terjadi kebakaran, Anda masih dapat mengupayakan terhindarnya akibat yang lebh parah dengan menggunakan pemadam api (fire extinguisher).

Jangan Anda menganggap remeh hal ini, karena Anda tidak pernah tahu kapan kebakaran terjadi. Pilihlah jenis yang sesuai dengan kendaraan Anda dan tempatkan pada posisi yang mudah dijangkau.


Tips #17 Mengamankan Mobil


Mobil adalah aset. Jadi, jangan sembarangan memperlakukan mobil Anda, termasuk dalam hal parkir. Soalnya, saat ini berbagai pencurian kendaraan baik roda dua maupun empat tetap tinggi. Dipastikan, hampir setiap hari ada saja korban kehilangan kendaraan.

Mengenai masalah ini agaknya tak hanya jadi tanggung jawab aparat, petugas parkir atau penjaga semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab pemilik sendiri.

Berikut ini ada beberapa tips yang isinya informasi seputar menjaga aset kita yang berupa mobil itu agar aman atau setidaknya terhindar dari kejahatan.

  1. Jika Anda menggunakan jasa sopir untuk meluncur ke mana-mana dan terhitung akan memakan waktu agak lama, maka sebaiknya jangan dibiarkan si sopir itu menunggu di dalam mobil. Mengapa? Soalnya, pencoleng bisa dengan mudah menodong sopir dan meminta kunci dan surat-surat. Kalau sopir melawan bisa jadi malah mempertaruhkan nyawanya. Maka, sebaiknya dia diminta keluar dan menunggu di luar mobil yang sudah terkunci sambil terus mengawasi mobil.
  2. Jika tidak menggunakan sopir dan kebetulan mobil yang Anda pakai adalah jenis kendaraan yang oleh beberapa kalangan tertentu disebut “Mobil Berjuta Ummat” alias Toyota Kijang, maka disarankan untuk mencabut kabel distributor atau distributornya sekalian dan dipasang kunci setir berbentuk stick yang melintang di tengah setir. Tidak disarankan model stick base ball yang hanya menempel di atas. Sebab oleh si maling setir itu bisa dilepas dan diganti dengan setir dia sendiri.
  3. Bagaimana dengan alarm? Jika ini merupakan satu-satunya “penjaga” mobil, maka ini tidak disarankan. Sebab, dari beberapa pengamatan dan pengalaman, alarm dianggap sudah tak efektif karena sering terlihat ada mobil yang alarmnya meraung-raung minta diperhatikan malah oleh beberapa penjaga yang ada di sekitar dibiarkan. Disarankan, selain alarm, tetap ada bentuk antisipasi lainnya.
  4. Modus operandi lain adalah mencopot plat mobil di tempat parkir, kemudian diganti dengan plat nomor mobil si maling. Nah, pencuri itu keluar dengan santai, sambil menunjukkan karcis parkir dia yang berdasarkan catatan tukang parkir adalah valid. Sesampai di luar plat nomor itu dibuka dan kemudian kembali lagi dan dipasang di mobilnya, lalu keluar lagi sambil melapor kepada penjaga parkir bahwa karcisnya hilang. Dan jika dicek oleh tukang parkir, maka dia bisa menunjukkan semua kelengkapan kendaraan termasuk STNK yang sah, nomor polisi benar, nomor mesin benar, nomor body bener. Bisa jadi, dia cuma membayar denda sekian ribu rupiah tetapi dia bisa lenggang kangkung keluar sambil menggondol mobil.

Kehilangan kendaraan sungguh musibah yang tak ingin kita semua mengalaminya, apalagi jika tak diasuransikan, bisa makin runyam lagi.

Nah, kehati-hatian terhadap aset sendiri agaknya perlu dilakukan dari sekarang, terutama di Jakarta. Sebab keteledoran kita, maka hilang aset kita.


Tips #16 Agar Tidak Khawatir Tinggalkan Mobil di Area Parkir


Risiko tersenggol kendaraan lain tidak hanya terjadi saat mobil bergerak dengan kecepatan tinggi di jalan raya. Meskipun tenang, tidak bising dan bergerak pelan-pelan, senggolan di area parkir juga berpotensi membuat body mobil tergores, penyok bahkan pecah lampu sein.

Andai senggolan tersebut terjadi saat kita masih duduk di dalam kabin, masih ada kesempatan untuk negosiasi dengan pihak lain yang terkait dengan mobil kita agar kita tidak terlalu rugi. Yang sangat menyesakkan hati adalah jika goresan atau bahkan kerusakan tersebut baru kita ketahui sepulang beraktivitas. Itu artinya, selama mobil kita tinggal di tempat parkir, ada kendaraan lain yang bersentuhan dengan mobil kita, dan kita tidak tahu siapa orang yang bisa kita mintai pertanggungjawaban.

Agar tidak mengalami kecelakaan atau sekadar benturan kecil di tempat parkir, perlu diketahui tips-tips saat memarkir mobil di area parkir. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Lihat tanda-tanda batas parkir. Biasanya berupa garis berwarna putih. Usahakan menempatkan mobil berada di tengah-tengah batas yang tersedia, tidak terlalu mepet ke kiri atau ke kanan.

2. Hati-hati terhadap batas parkir yang terbuat dari beton. Perhatikan ketinggian dan posisinya. Jangan sampai pembatas itu menyentuh atau bahkan merusak komponen di kolong mobil kita. Poin ini sangat penting, terutama untuk mobil yang ground clearance (jarak terendah dari permukaan jalan) sangat pendek.

3. Perhatikan jarak dan posisi dengan mobil atau kendaraan yang sebelumnya sudah terparkir di sekeliling mobil kita. Usahakan tersedia ruang yang cukup aman jika pintu mobil dibuka.

4. Setelah yakin posisinya di tengah dan tersedia jarak aman, pastikan mobil terkunci dan lipat spion agar lebih terhindar dari kemungkinan tersenggol mobil lain.

5. Setelah beraktivitas dan hendak masuk kembali ke mobil, periksa dulu sekeliling body mobil. Pastikan bahwa tidak ada peristiwa buruk saat mobil kita tinggal di tempat parkir.  Jika ada, bisa tanyakan kepada petugas di area parkir.

6. Keamanan mengeluarkan mobil dari area parkir juga perlu kita jaga dengan memperhatikan sekeliling mobil. Pastikan tidak ada penghalang baik di kiri, kanan, depan maupun belakang mobil yang akan menjadi medan gerak mobil kita. Jika ada, mintalah bantuan petugas untuk menyingkirkannya.


Tips #15 Memarkir Paralel Mobil Bertransmisi Matik


Ada kejadian menarik yang dapat kita jadikan pelajaran berharga. Seorang pengemudi tak bisa mengeluarkan mobil yang tengah ia parkir di sebuah pusat perbelanjaan. Pasalnya, mobilnya “terhimpit” di antara mobil yang sama-sama sedang parkir paralel. Mobil yang menghimpit sama sekali tidak bisa digeser karena pemiliknya mengaktifkan handbrake. Terpaksa harus menunggu sampai pemiliknya datang.


Di setiap lahan parkir yang sempit, pola parkir yang diterapkan biasanya memang parkir paralel. Dengan pola ini, bagian depan mobil bertemu bagian belakang. Untuk memudahkan mobil keluar masuk, saat parkir mestinya tidak menggunakan handbrake supaya dapat digeser-geser. Petugas parkir biasanya berusaha mengingatkan, tetapi ada saja satu atau dua pengendara yang lupa.


Pada mobil bertransmisi matik, kemungkinan roda-roda mobil terkunci saat parkir akan lebih besar lagi dibanding yang bertransmisi manual. Bukan saja karena pengendaranya mengaktifkan handbrake, tetapi karena ada kemungkinan mereka belum tahu fungsi tombol SHIFT LOCK. Terutama, pada mobil bertransmisi matik yang sudah dilengkapi tombol SHIFT LOCK.


Di semua transmisi matik memang ada posisi “P”, yang berarti “parkir”. Ketika tuas berada di posisi ini, otomatis roda-roda terkunci. Pada mobil matik keluaran baru ada tambahan tombol SHIFT LOCK. Jika tidak tahu fungsi tombol ini, kemungkinan besar pengendara akan bingung memarkir mobil tanpa membuat roda-rodanya terkunci. Berbeda dengan transmisi manual atau matik yang belum dilengkapi SHIFT LOCK, jika tuas transmisi ditempatkan ke posisi N (netral), pasti kunci kontaknya tidak bisa dicabut. Untuk parkir secara paralel, gunakanlah tombol SHIFT LOCK ini. Lalu pindahkan tuas dari posisi P ke netral. Maka mobil akan terparkir dengan roda-roda dalam posisi bebas sehingga bisa digeser dan tidak merepotkan pengendara lainnya.


Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini langkah-langkahnya:
1.Geser transmisi ke posisi “P”,
2.Matikan mesin.
3.Cabut kunci kontak.
4.Pencet dan tahan tombol SHIFT LOCK yang ada dekat tuas transmisi, sambil memindahkan tuas ke posisi NETRAL. Setelah di posisi netral, baru lepas tombolnya.
5.Jangan lupa, hand brake tidak perlu ditarik.


Tips #14 Ban Aman Nyawa Selamat


Mahalnya harga ban sering menjadi faktor yang menyebabkan para pemilik kendaraan mengabaikan kondisi kelayakan ban kedaraannya. Padahal, keselamatan nyawa pengendara kendaraan seringkali terancam, dan seringkali peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawa disebabkan karena kondisi ban kendaraan yang sudah tidak layak lagi.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan mengenai kondisi ban :

1) Kondisi ban yang masih layak pakai sekitar 30 persen atau kedalaman alur/kembangnya minimal 2 milimeter, apabila kurang dari itu maka anda harus segera mengganti ban kendaraan anda. Karena dengan kondisi seperti itu, ban kendaraan anda sudah tidak memiliki daya cengkram atau traksi yang baik ke permukaan jalan. Apalagi disaat hujan dan kondisi jalanan licin.

2) Perhatikan dengan teliti bagian luar (pinggir) / side wall ban kendaraan anda, jika mengalami keretakan, sebaiknya ban seperti itu cepat diganti untuk menghindari kemungkinan buruk yang kelak menimpa Anda.

3) Begitu pula jika terjadi ban yang mulai sering bocor dan sering ditambal maka lama-lama ban bentuknya akan berubah dan menjadi benjol, sehingga ban menjadi tidak balance lagi dan tidak layak lagi untuk digunakan karena mudah pecah.

Anda tentu tidak mau menggadaikan nyawa hanya seharga ban bukan?


Tips #13 Tips Merawat Kopling


Beberapa pengendara mengeluhkan bahwa ia harus seringkali mengganti pelat kopling yang cepat habis, padahal menurutnya jeda waktu penggantian pelat kopling belum lama. Tentu saja dengan seringnya mengganti pelat kopling berarti harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Menurut pengalaman, salah satu penyebab paling umum cepat habisnya pelat kopling adalah tata cara mengemudi kendaraan yang kurang baik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami informasikan mengenai kopling dan tata cara mengendarai kendaraan agar kopling dapat bekerja secara optimal dan tentu saja tidak mudah rusak.

Mekanisme Kopling

a. Komponen kopling

adved_1254983798

Sistem kopling (clutch) terletak diantara mesin dan sistem penggerak (transmisi), seperti diperlihatkan pada gambar di samping. Fungsi kopling yaitu sebagai penerus putaran mesin ke sistem penggerak

 

 

adved_1254983816

Sistem kopling terbagi dalam sejumlah komponen yang masing-masing memiliki fungsi saling mendukung bagi optimalisasi tugas penerus putaran mesin ke sistem penggerak. Satu set kopling terdiri dari pelat/piringan kopling (clutch disc), matahari (cover clutch), roda gila (flywheel), dan laher kopling (release bearing).

b. Prinsip Kerja Kopling

adved_1254983826

Saat pedal kopling ditekan, hubungan antara mesin dengan sistem penggerak (transmisi) terputus karena roda gila (flywheel)  danpelat/piringan kopling (clutch plate) tidak saling bersinggungan sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak dapat diteruskan ke komponen penggerak. Lalu, bila pedal kopling dilepas atau tidak diinjak (difungsikan) maka hantaran putaran mesin akan kembali menggerakkan transmisi.

Penggunaan kopling yang BENAR

Agar kopling dapat berfungsi dengan sempurna serta tidak gampang mengalami kerusakan, maka berikut ini adalah tahapan penggunakan kopling yang dianjurkan :

  1. Jika menginjak pedal kopling, maka tekanlah pedal kopling sepenuhnya. Tujuannya adalah agar roda gila (flywheel) dan pelat/piringan kopling (cluth plate) dapat terpisah secara sempurna, sehingga dapat memudahkan dalam memindahkan tuas transmisi.
  2. Ketika sedang menginjak pedal kopling secara sempurna, pindahkan tuas transmisi.
  3. Setelah memindahkan tuas transmisi, selanjutnya bebaskan injakan kopling secara perlahan diselaraskan dengan injakan pedal gas agar kendaraan dapat berjalan dengan halus dan tidak membuat kendaraan meloncat.

Penggunaan kopling yang SALAH

Seringkali kita tidak mengetahui sebenarnya terdapat beberapa hal yang menjadikan komponen kopling cenderung mudah mengalami kerusakan. Berikut ini hal-hal yang dapat memudahkan komponen kopling mengalami kerusakan, antara lain :

  1. Meletakkan kaki pada pedal kopling selama kendaraan berjalan. Hal ini dapat mempercepat keausan pada release bearing dan pelat/piringan kopling
  2. Menahan setengah kopling saat mobil antri di tanjakan. Hal ini dapat mempercepat kerusakan sistem kopling. Mesin pun sering terasa bergetar sehingga membuat fungsi karet penahan mesin (engine mounting) juga dapat terganggu. Sebaiknya gunakan rem tangan untuk menahan kendaraan ketika sedang antri di tanjakan.
  3. Menginjak dan melepas kopling secara kasar . Bila dilakukan dengan cara yang kasar maka sentuhan pelat/piringan kopling terhadap roda gila (flywheel) akan terasa lebih keras, hal ini akan mempercepat keausan sistem kopling.

Tips Merawat Kopling

  1. Melakukan pengecekan dan perawatan kopling secara rutin.
  2. Gunakan selalu gigi satu untuk start awal kendaraan, karena jika menggunakan gigi di atasnya, kopling akan dibebani secara berlebihan dan mempercepat keausan
  3. Netralkan tuas transmisi jika berhenti. Contoh : di lampu merah

Masalah umum yang terjadi pada kopling

  1. Kopling selip
    Akibat dari kopling selip, kendaraan tidak dapat berjalan, kurang tenaga, dan dapat menyebabkan boros bahan bakar, hal ini disebabkan tenaga mesin tidak tersalurkan ke sistem penggerak (transmisi) karena pelat/piringan kopling sudah aus.
  2. Kopling jeblos
    Akibat dari kopling jeblos, tuas transmisi tidak dapat/susah dipindahkan, hal ini disebabkan tidak dapat terpisahnya pelat/piringan kopling dengan mesin karena tenaga yang disalurkan dari pedal tidak mampu diteruskan ke sistem kopling.  Kabel kopling yang putus, silinder kopling bocor, dan matahari yang rusak merupakan beberapa hal yang membuat tenaga dari pedal tidak dapat diteruskan ke sistem kopling
  3. Kopling lengket
    Akibat dari kopling lengket, tuas transmisi tidak dapat/susah dipindahkan karena tidak terpisahnya pelat kopling dan mesin akibat pelat/piringan kopling lengket. Penyebab kopling lengket karena air atau lumpur yang masuk ke area sistem kopling.

Perhatian !!!

Jika pada saat menggunakan kopling, tercium bau terbakar, disarankan segera menghentikan kendaraan dan parkir terlebih dahulu karena indikasi tersebut menunjukkan bahwa terjadi panas tinggi pada kopling, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem kopling.

Sumber : TOYOTA


Tips #12 Bagian Mobil yang Sensitif Air


Musim hujan telah tiba, pengguna kendaraan roda empat harus melakukan persiapan ekstra untuk mengantisipasi kendaraan mogok atau ada bagian mobil yang rusak karena dimasuki atau sekedar terkena air. Oleh karena itu, mengetahui bagian penting dari kendaraan yang sensitif dengan air menjadi penting.

Ada beberapa bagian kendaraan yang dapat menyebabkan jalan mobil tersendat bahkan membuat mesin mati apabila terkena air. Bagian tersebut di antaranya busi, electronic fuel injection (EFI), koil, distributor, dan platina.

Ada juga bagian lain seperti alternator yang apabila terendam air dapat menyebabkan bearing mengeluarkan suara disertai dengan pengurangan daya listrik. Bahkan jika air bercampur lumpur, mesin dapat mati dengan tiba-tiba.

Selain itu, ada juga bagian mobil yang dapat membuat piston rusak karena air. Misalnya filter udara, apabila air masuk melalui karburator kemudian mesin dipaksa hidup atau berjalan, kondisi ini dapat menyebabkan Piston bengkok bahkan patah. Akibat yang sama juga dapat terjadi apabila air masuk melaui air intake.

Ada juga lubang hawa transmisi, karena bagian ini bisa dilalui air, tidak tertutup kemungkinan bercampur dengan oli transmisi. Akibatnya dapat menimbulkan bunyi atau paling tidak mengakibatkan gear rontok atau berkarat.

Sistem pengereman juga tidak akan bekerja sempurna karena air. Pengguna mobil perlu memperhatikan karet rem. Untuk sistem tromol maupun cakram, karet yang sudah sobek dapat menyebabkan air menggenangi bagian itu. Genangan air dapat menyebabkan karat yang akhirnya memacetkan sistem rem secara keseluruhan.


Tips #11 Bila Mendadak Terjadi Overheat


Terkadang dalam kita berkendara, ada hal-hal yang tidak kita kehendaki terjadi, seperti misalnya overheat. Bagaimana menanganinya kalau tidak ada orang yang bisa diminta bantuan?
Lakukanlah hal-hal berikut :

  1. Hentikan kendaraan, nyalakan lampu darurat, pindahkan transmisi ke posisi "P" (otomatis) atau ke posisi netral (manual) dan tarik tuas rem parkir, matikan AC bila mesin masih hidup.
  2. Bila air pendingin atau uap terlihat keluar dari radiator atau tangki reservoir, matikan mesin, tunggu sampai uap keluar sebelum membuka kap mesin. Bila air tidak mendidih atau keluar uap, biarkan agar mesin tetap hidup.
  3. Jangan mencoba membuka tutup radiator pada saat mesin dan radiator masih panas, karena dapat menimbulkan luka yang serius akibat pancaran air dan uap yang panas dari radiator bertekanan tinggi.
  4. Periksa apakah ada kebocoran air pendingin dari radiator, selang, dan bagian kolong kendaraan. Ingat bahwa air yang keluar dari AC adalah gejala normal setelah pemakaian.
  5. Periksa secara visual apakah drive belt mesin kendor atau putus. Bila ternyata drive belt mesin masih oke dan tidak dijumpai adanya kebocoran air pendingin, maka mesin dapat didinginkan dengan lebih cepat, dengan membiarkannya tetap hidup pada kira-kira 1500 rpm selama beberapa menit dengan sedikit menekan pedal akselerasi. Bila drive belt mesin putus atau air pendingin bocor, matikan mesin dengan segera, dan hubungi bengkel resmi Toyota terdekat.
  6. Periksa tangki reservoir, bila kosong tambahkan air kedalam reservoir sambil membiarkan mesin tetap hidup, tambahkan kira-kira setengah penuh. Setelah temperatur pendingin mesin menjadi normal kembali, cek kembali permukaan air di dalam tangki reservoir. Bila perlu, tambahkan lagi hingga setengah penuh. Berkurangnya air yang serius menunjukkan adanya kebocoran dalam sistem, oleh karena itu segera hubungi bengkel resmi Toyota terdekat.


Tips #10 Memperbaiki Handling Mobil Anda


Langkah-langkah Memperbaiki Handling Mobil Anda

Mengganti ban dengan yang lebih besar memang bisa memperbaiki pengendalian (Handling) mobil anda. tetapi tidak hanya itu saja, berikut akan diberikan langkah-langkah untuk mendapatkan pengendalian (handling) yang sempurna.

Ban:

Langkah pertama yang dilakukan untuk meningkatkan pengendalian adalah mengganti ban dengan diameter yang lebih besar. Inilah cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Pilihlah kombinasi ban dan peleg yang paling optimal. Karena setiap pengantian ban dan peleg akan mempengaruhi tingkat pengendalian.

Mengganti shock:

Bila kurang puas hanya dengan memperbesar ukuran ban, langkah kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti shock dan spring dengan ukuran lebih pendek. Prinsipnya, semakin rendah kendaraan, semakin baik pengendaliannya. Bisa dengan menggunakan racing spring yang umumnya lebih pendek dan lebih kuat. Agar lebih yahud, gabungkan dengan performance shock yang bisa diatur tinggi rendahnya serta kualitas peredamnya.

Pemasangan anti-roll bars:

Ada orang yang masih belum puas hanya dengan mengganti ban dan shock saja. Langkah selanjutnya yang akan di lakukannya adalah memasang anti-roll bar. Prinsip kerja alat yang dipasang di sistem suspensi roda depan ini, adalah menyeimbangkan perbedaan beban disalah satu ban ketika mobil menikung. Manfaatnya memperkecil resiko mobil terguling dan penumpang tidak akan merasa terlempar ketika mobil menikung dalam kecepatan tinggi.

Perangkat ini banyak tersedia di pasar dengan berbagai model dan harga. Akan sangat bermanfaat bagi mereka yang gemar menekan pedal gas-nya dalam-dalam.

Mengganti Bushing:

Untuk golongan orang yang menuntut pengendalian sempurna, maka penggantian seluruh komponen suspensi mutlak dilakukan termasuk mengganti bushing. Bushing adalah komponen vital pada sistem suspensi. Biasanya terbuat dari karet. Bila terlalu lama bisa menjadi terlalu lentur dan akan mengurangi tingkat pengendalian.

Sebagai pengganti karet yang terlalu lentur, kini dijual bushing yang terbuat dari polyurethane, bahan sintetis yang mempunyai sifat mirip karet namun lebih tahan lama. Bushing ini banyak dijual dipasaran. Penggantian bushing pada seluruh sistem suspensi akan memperbaiki tingkat pengendalian mobil dan mengurangi kemungkinan mobil terguling.


Tips #09 Mengemudi ketika Hujan Deras


Kiat dan Teknik Mengemudi ketika Hujan Deras

Hujan deras sering disalahkan menjadi penyebab kecelakaan. Banyak kecelakaan seperti ini bisa dicegah, jika pengemudi menyadari perbedaan mengemudi di cuaca cerah atau hujan.

Ketika hujan jalanan basah, resapan air ke aspal menyebabkan ban kehilangan traksi. Hujan juga menyebabkan berkurangnya persepsi pengemudi (sulit melihat menembus hujan) dan juga menurunkan daya pandang karena air menutupi lampu, jendela, dan kaca depan/belakang. Kebanyakan orang menyadari untuk mengemudi lebih lambat ketika hujan, selain itu ada beberapa kiat yang semoga dapat membantu Anda dan pengemudi sekitar Anda.

Hati-hati terhadap jalan yang lama kering dan ramai. Selama kering, oli dan lemak menempel di jalan. Akan tercampur dengan air ketika hujan turun, dan jalanan akan menjadi licin. Kalau hujannya lama, oli tersebut lama-kelamaan akan larut. Akibatnya, beberapa jam pertama akan sangat berbahaya.

Biarkan lebih lambat sampai. Anda sebaiknya melambatkan kendaraan Anda ketika jalanan basah. Harap diperhatikan lalu lintas kendaraan lain pun akan melambat. Ada kemungkinan juga rute yang Anda rencanakan terkena banjir atau macet. Apapun alasannya, buru-buru beresiko tinggi.

Mengerem lebih cepat dan dengan kekuatan yang lebih kurang dari biasanya. Hal ini selain memanjangkan jarak berhenti Anda dengan mobil di depan Anda, juga untuk memberitahu mobil di belakang Anda bahwa Anda melambat.

Kebanyakan jalan agak memuncak ke tengah, yang berarti air akan otomatis mengalir ke pinggir jalan. Jika mungkin, Anda sebaiknya tetap di tengah untuk menghindari genangan air yang dalam.

Jangan gunakan cruise control (untuk mobil yang ada fasilitas ini). Cruise control menyebabkan pengemudi menjadi kurang sigap dan kaki Anda dijauhkan dari pedal - bukan ide bagus ketika kecepatan reaksi sangat penting.

Jika Anda melihat genangan air yang luas di depan, sebaiknya Anda memutar atau mencari rute lain. Percikan air ke mesin Anda dapat mempengaruhi sistem elektronik internal. Selain itu, sebuah lubang besar bisa saja ada di dalam genangan tersebut, yang dapat merusak ban atau suspensi Anda. Jika Anda tidak dapat memperkirakan kedalamannya, atau genangan tersebut sudah menutupi trotoar, hindari saja.

Jangan mencoba untuk menyeberangi arus banjir. Anda dapat bermasalah bila berat mobil Anda lebih kecil dari daya arus air yang mengalir. All-wheel drive juga tidak membantu bila mobil Anda terdorong ke samping.

Setelah menyeberangi genangan air, tekan sedikit pedal rem Anda untuk mengeringkan air dari rotor Anda.

Hidupkan lampu depan, walaupun masih ada cahaya sedikit. Itu membantu Anda melihat jalan, dan lebih penting lagi, membantu pengendara lain melihat Anda. Akan tetapi, jangan menghidupkan lampu jauh ke arah hujan deras atau kabut. Itu akan lebih mengacaukan pandangan Anda, karena cahaya lampu akan dipantulkan kembali ke Anda oleh curahan hujan. Jika mobil Anda dilengkapi lampu kabut, ini akan sangat membantu, karena akan menambah cahaya ke jalan dan mobil Anda akan terlihat.

Perhatikan para pejalan kaki. Pengamatan para pejalan kaki tidak seperti hari cerah. Mereka menjadi kurang mendengar bunyi mobil karena suara hujan akan mengacaukan indera mereka. Jadi perhatikan benar-benar pejalan kaki.

Jika hujan terlalu deras dan Anda tidak bisa melihat mobil di depan Anda, sebaiknya Anda berhenti dan menunggu reda.

Ikuti mobil di depan Anda. Biarkan dia membuat jalur bagi Anda melalui genangan air.

Jaga jarak dengan truk dan bus. Ban mereka yang besar dapat menyebabkan percikan air yang dapat menutupi pandangan Anda. Hindari untuk mendahului, tetapi jika Anda harus mendahuluinya, lakukan dengan secepat dan seaman mungkin.

Hilangkan kabut di kaca mobil Anda. Hujan akan cepat menyebabkan kabut di kaca mobil Anda. Hidupkan tombol defrost depan dan belakang sambil AC tetap hidup.

Jika Anda berada di atas genangan air, jangan mengerem atau membelok tiba-tiba, atau Anda dapat tergelincir. Lepaskan pedal gas perlahan dan setir lurus hingga roda mendapat traksi lagi. Jika Anda harus mengerem, tekan sedikit pedal rem (kecuali jika mobil Anda menggunakan rem ABS, maka Anda bisa menekan penuh).

Lakukan tindakan pencegahan untuk memastikan mobil Anda siap menghadapi hujan. Jagalah kondisi mobil Anda. Rem, tekanan ban, dan operasi defrost diperiksa secara teratur sehingga Anda akan siap untuk menghadapi jika ada hujan.

Mobil sekarang sudah dilengkapi rem ABS dan fitur keamanan seperti kontrol traksi dan kontrol stabilitas, dan all-whell drive semakin populer. Kontrol traksi membantu Anda mempertahankan grip dengan cara mengerem ban yang tidak ada traksi. Sementara itu kontrol stabilitas memantau input kemudi Anda, membantu rem dan/atau mengurangi tenaga mesin sesuai yang dibutuhkan agar Anda tetap di jalur yang Anda inginkan.

Ban mobil sebaiknya gunakan yang semua-musim. Ban mobil dicocokkan dengan gaya mengemudi Anda dan jenis mobil yang Anda gunakan. Pastikan wiper Anda dalam kondisi yang bagus dan berfungsi dengan baik.

Di dunia yang ideal dan sempurna, saat hujan kita akan duduk-duduk di kafe atau di rumah. Kenyataannya Anda mungkin masih harus berangkat kerja. Melakukan tindakan pencegahan dan mengemudi dengan teknik mengemudi di saat hujan akan menjaga Anda agar tidak basah kuyup dan terdampar di trotoar jalan, menunggu mobil derek.


 

:: toyota mobil :: Partner Penjualan TOYOTA Avanza, Innova, Rush, Yaris, Fortuner, Vios Copyright © 2011 is Edited by TM